BERITA KAUR
ARGA MAKMUR – Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) memastikan pada Februari 2021 menerima satu unit mobil dump truck sebagai tambahan armada pengangkut sampah.
Persoalan armada yang masih minim, menjadi persoalan klasik bagi DLHK Kabupaten BS untuk membersihkan sampah yang masih berserakan di berbagai lokasi padat penduduk. Apalagi tahun lalu, DLHK hanya memiliki lima unit armada dump truk yang digunakan untuk mengangkut sampah, sayangnya dari lima unit itu hanya ada satu unit yang mampu beroperasi dengan baik, sisanya masih dalam kondisi rusak.
Maka dari itu, DLHK tahun ini memastikan membeli satu unit dump truck baru, sebagai tambahan armada pengangkut sampah, meskipun harus menghutang terlebih dahulu kepada pihak dealer.
Kepala DLHK BS Ir.Jonior Hafis mengatakan, pengadaan mobil dinas untuk lebih dari satu unit akan sulit terealisasi, karena kondisi APBD berada di angka Rp 900 juta. Sementara satu unitnya dump truck yang dibeli seharga lebih dari Rp 300 juta, oleh karena itu DLHK harus menyesuaikan kondisi anggaran yang dimiliki.
“Dari dulu persoalan DLHK minim alat sarana pengangkut sampah, salah satunya mobil itu. Jadi untuk tahun ini DLHK memastikan dapat tambahan satu unit bulan depan atau Februari nanti,” kata Jonior
Selain itu, dengan adanya tambahan armada meskipun hanya satu unit, DLHK Kabupaten BS optimis untuk meraih piala Adipura. Meskipun minim armada pihak DPRD BS meminta pihak eksekutif dalam hal ini DLHK BS harus tetap maksimal menjalankan tupokisnya yakni ujung tombak kebersihan BS.
Ketua DPRD BS Barli Halim, SE berharap dapat memaksimalkan tenaga honorer DLHK, untuk armada pengangkut sampah DPRD menyakini DLHK tidak harus mempunyai mobil baru. “Maksimalkan yang ada, DLHK mampu untuk itu. BS harus menjadi kabupaten sehat sama seperti tahun 2019 lalu,” ujar Barli.(tek)

Leave a Comment